Struktur Organisasi Start Up

3:43 AM

Setelah membentuk tim, hal penting lainnya adalah bagaimana cara kita mengatur dan memanage tim tersebut. Ada setidaknya dua alasan yang mendasari pentingnya mengatur tim dengan ukuran perusahaannya sebesar apapun, Pertama, penting bagi kita untuk memperjelas posisi dan peran masing-masing anggota tim. Hal ini untuk mencegah kebingungan dan overlapping tugas masing-masing, serta untuk menjaga perusahaan tetap sehat. Kedua, organisasi perusahaan merupakan salah satu indikator penentu kesuksesan perusahaan. Ketika organisasi suatu perusahaan termanage dengan baik, maka partner bisnis dan investor merasa yakin dan percaya dengan perusahaan kita.

Struktur organisasi akan bervariasi bergantung jenis dan tahapan perusahan. Semakin besar sebuah perusahaan akan semakin kompleks struktur organisasinya. Pada tahap awal pembentukan startup, struktur organisasi yang dibentuk tidak perlu yang terlalu kompleks. Dengan jumlah anggota tim yang masih sedikit,  cukup setidaknya struktur yang dibutuhkan seperti gambari 1.

Gambar 1. Struktur Ketika Didirikan Karyawan Kurang dari Lima Orang

Seiring berjalannya waktu dari tahap awal dengan struktur tersebut, Startup kita akan berkembang. Oleh karena itu, dibutuhkan penyesuaian struktur organisasi. Akan semakin banyak posisi-posisi yang dibutuhkan. Pada gambar 2 dapat dilihat struktur yang ideal pada tahapan akhir startup kita. Struktur tersebut bukanlah suatu ketetapan pasti, setidaknya menjadi referensi bagi kita karena struktur tersebut telah teruji dengan baik. Jadi walaupun nantinya pasti akan banyak kondisi-kondisi yang mempengaruhi struktur organisasi startup kita, terlalu banyak memodifikasi struktur tersebut tidak diperlukan.

Gambar 2. Strutur Tahap Akhir Startup

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai posisi-posisi pada struktur organisasi tersebut akan dijelaskan di tulisan selanjutnya. Semangat selalu kawan-kawan... -DH- 

You Might Also Like

0 comments

Paperpeace

Paperpeace
Graphic and Digital Design for Wedding E-Commerce

Futlime

Futlime
Customized and Personalized Gift E-Commerce

tanya pr

tanya pr
Mobile Education App for Student Problem Solving