Elevator Pitch

9:20 AM



Elevator pitch menjadi salah satu istilah yang populer dikalangan startup karena memiliki peranan yang sangat penting. Elevator pitch adalah deskripsi sangat singkat mengenai startup yang kita jalankan. Saking padat dan singkat, Elevator pitch mampu menjadi senjata andalan bagi kita menjelaskan startup kita secara akurat kepada customer atau investor di waktu yang singkat, tidak lebih dari dua menit, seperti saat berpapasan di dalam elevator. Oleh karena itu, buatlah MEMORABLE. Dalam menyampaikan elevator pitch, ada kalanya kita harus menyampaikannya secara lisan tanpa bantuan apapun, dan ada kalanya kita dapat menggunakan alat bantu seperti slide presentasi.

Tanpa Alat Bantu 
Ketika kita harus menyampaikan elevator pitch tanpa dapat menggunakan alat bantu apapun, Kita tetap harus yakin dan menunjukkan semangat akan startup kita. Kondisi tersebut, kita tidak peroleh dengan mudah. Kita harus sudah mempersiapkannya dan melatih kemampuan public speaking terustama dalam menyampaikan elevator pitch. Pada kondisi ini, biasanya elevator pitch disampaikan dalam kalimat yang sangat padat dan tidak lebih dari tiga kalimat.  Yang perlu ada di dalam elevator pitch, yaitu :
1) Siapa kita/startup kita
2) Problem dan Solusi yang kita tawarkan
3) Penawaran kita

Berikut ditampilkan contoh elevator pitch yang kurang baik dan yang baik, sehingga kita dapat memahami perbedaannya.

Contoh Kurang Baik:
"Kami mengembangkan teknologi yang sangat hebat dalam mengontrol tumbuh kembang anak dalam bentuk software dengan teknologi  internet of things (IoT). Software tersebut dapatmembantu Ibu mengontrol tumbuh kembang anak dari jarak jauh. Kami juga mengembangkan alat canggih untuk mengontrol pelaksanaan ujian, dan kami mempunyai produk untuk membantu mengontrol paka ternak. Kami melayani pesanan sesuai yang Anda inginkan."

Contoh Baik:
"Kami adalah Meditrick, menyediakan solusi teknologi IT dengan basis internet of things (IoT). Saat ini kami telah melaunching produk ByGrow - sebuah sistem yang dapat mengontrol tumbuh kembang anak dari jauh yang biasanya sering terlupakan dan terabaikan karena kesibukan orang tua. TestControl, sistem pengontrol ujian  tulis jarak jauh dan Feed-C, sistem pengontrol pemberian pakan ternak jarak jauh berbasis internet of things. Anda dapat memesan teknologi dengan berbasi internet of things untuk solusi perusahaan Anda."  

Kalau kita membandingkan kedua contoh tersebut, mungkin kita menganggap permaslahannya hanyalah pemilihan kata belaka. Tetapi bukan itu inti masalahnya, tetapi bagaimana kita dapat menjelaskan startup kita di kesempatan yang sempit dan orang respek dan tertarik dengan penjelasan kita

 Bantuan Slide
 Jika kita punya kesempatan menggunakan slide untuk membantu kita memaparkan elevator pitch, maksimal jumlah slide yang disarankan yaitu 6 slide, dengan komposisi seperti berikut:
- Slide 1: cover (Pengenalan Singkat)
  Perkenalkan nama kita dan anggota tim inti.
  Perkenalkan startup kita, lebih baik tampilkan slogan atau quote yang memorable juga
-Slide 2 : Mendeskripsikan customer
  Jelaskan customer dengan memberikan gamabar yang mewakili serta ceritakanlah latar belakang customer tersebut.
-Slide 3 : Masalah yang dihadapi  customer
   Jelaskan masalah yang dihadapi customer dan startup kita ingin selesaikan.
   Berikan gambaran seberapa besar masalah tersebut dan apabila tidak diselesaikan dapat berdampak seperti apa.
-Slide 4-5 : Solusi dan produk yang ditawarkan
  Paparkan solusi produk seperti apa yang startup kita berikan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi customer..
   Jika bisa berikan gambar yang mewakili solusi dan produk tersebut
- Slide 6 : Asal Mula dan Visi
   Paparkan cerita perjalanan kita
  Jelaskan kondisi startup kita sekarang dan apa yang customer lihat dan rasakan setelah menggunakan solusi kita
   Yang terakhir adalah sampaikan Vision of Utopia (kondisi seperti apa yang diharapkan setelah  semua customer kita menggunakan solusi yang kita tawarkan)


Untuk startup, kedua kondisi tersebut pasti akan terjadi. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan dan melatih diri untuk elevator pitch baik yang lisan tanpa alat bantu, maupun yang dapat menggunakan slide sebagai alat bantu.  Kesiapan itu, akan membuat kita semakin percaya diri dan pastinya kita dapat menyampaikan dengan tepat sehingga kita dapat memenangkan hati para customer dan investor kita.

“Keep Learning, Keep Sharing, and Keep Inspiring” –DeraHafi-

You Might Also Like

0 comments

Paperpeace

Paperpeace
Graphic and Digital Design for Wedding E-Commerce

Futlime

Futlime
Customized and Personalized Gift E-Commerce

tanya pr

tanya pr
Mobile Education App for Student Problem Solving